Find Us On Social Media :

Inilah Beragam Manfaat Air Kelapa Untuk Ginjal Sehat, Coba Sekarang!

Berikut ini manfaat kandungan air kelapa untuk ginjal sehat, konsumsi sekarang!

GridHEALTH.id – Memiliki ginjal sehat dapat membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang, karena dengan begitu tubuh dapat bekerja dan berfungsi dengan baik.

Mulailah menjaga agar ginjal sehat dengan konsumsi nutrisi yang baik untuk ginjal, salah satunya dengan mengonsumsi air kelapa. Kenali berikut ini manfaat dan kandungan air kelapa untuk ginjal sehat.

Fungsi Ginjal Sehat

Untuk menjaga keseimbangan otot, tulang, hingga jaringan di dalam tubuh, maka diperlukan fungsi ginjal tetap sehat.

Ada beragam fungsi ginjal sehat yang penting untuk dijaga, seperti mengeluarkan produk limbah dari tubuh, menyeimbangkan cairan tubuh, melepaskan hormon yang mengatur tekanan darah, menghasilkan bentuk aktif vitamin D untuk mendukung tulang kuat dan sehat, hingga mengontrol produksi sel darah merah.

Jika ginjal sehat menjadi rusak, maka salah satu penyakit yang berisiko terjadi adalah penyakit ginjal kronis, di mana ginjal mengalami penurunan dalam fungsinya.

Air Kelapa Untuk Ginjal Sehat

Air kelapa untuk ginjal sehat memang terbukti karena mencegah batu ginjal, karena menghancurkan kalsium dan oksalat yang menggumpal di dalam ginjal.

Konsumsi air kelapa juga disebut dapat bantu mencegah batu ginjal, karena dapat meningkatkan kadar sitrat dan kalium dalam urin, senyawa inilah yang mencegah penggumpalan dan pembentukan batu. Serta bantu menghidrasi karena kaya akan elektrolit.

Studi tahun 2018 yang disebutkan dalam laman Insider, orang yang mengonsumsi dua liter air kelapa per hari dapat mengalami peningkatan kadar sitrat dan kalium yang signifikan dalam urin.

Selain untuk menjaga ginjal sehat, ternyata air kelapa juga berpotensi untuk mendukung kesehatan jantung karena kandungan potasiumnya dan terbukti menurunkan tekanan darah.

Air kelapa juga disebut dapat membantu melawan jerawat karena memiliki sifat antimikroba, juga dapat membantu sistem antioksidan dengan menetralkan efek radikal bebas.

Untuk membuat ginjal sehat, bisa dengan meminum air kelapa setelah berolahraga, atau bisa dinikmati saat perut kosong maupun saat makan.

Baca Juga: Inilah 7 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Untuk Menjaga Ginjal Sehat