Find Us On Social Media :

Betis Pegal Salah Satu Tanda Seseorang Mengalami Kolesterol Tinggi

Betis terasa pegal, itu tanda dini kolesterol tinggi.

GridHEALTH.id - Seseorang saat mengetahui mengalami kolesterol tinggi umumnya sudah berat. Padahal jika tahu tanda-tanda dini kolesterol tinggi, hal tersebut tidak akan terjadi.

Tanda-tanda seseorang mengalami kolesterol tinggi sejatinya bisa diketahui dengan mengenali alarm tubuh.

Jika memiliki kolesterol berlebih dalam tubuh, seseorang mungkin akan merasakan gejala seperti angina, yakni nyeri dada.

Rasa nyeri ini bisa menjalar hingga bagian tubuh lain di sekitar bahu, punggung, dan rahang.

Kadang rasa lelah yang ekstrem turut menyertai. Nyeri ini bisa reda dengan beristirahat. Rasa pegal di betis saat melakukan aktivitas fisik, termasuk berolahraga, juga mungkin menandakan tingginya kadar kolesterol.

Baca Juga: Risiko Diabetes Sebabkan Kaki Bengkak Parah, Simak 8 Cara Mengobatinya

Dugaan itu kian kuat jika menerapkan gaya hidup tidak sehat sehari-hari, seperti banyak makan gorengan, jarang berolahraga, atau berlebihan minum minuman bersoda.

Karenanya segera periksakan diri untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah bila merasa nyeri dada dan pegal di betis serta terbiasa dengan pola hidup yang tidak sehat.

Cara Mendeteksi Kadar Kolesterol

Satu-satunya cara untuk melihat tinggi-rendahnya kadar kolesterol dalam tubuh adalah melalui pemeriksaan darah.

Prosedur tes kolesterol sangat sederhana dan hanya memerlukan sampel darah.Saat ini tersedia alat tes kolesterol yang dijual bebas dan bisa digunakan oleh masyarakat umum.

Baca Juga: Fungsi Lendir di Tenggorokan, dan yang Harus Dilakukan Jika Berlebihan

Tetapi, demi hasil pembacaan yang lebih baik sekaligus mengetahui tindak lanjut apa yang harus diambil, sebaiknya jalani pemeriksaan kolesterol di fasilitas kesehatan dengan bantuan tenaga medis terlatih.Secara umum, kadar kolesterol disebut tinggi jika lebih dari 240 mg/dL.