Find Us On Social Media :

Inilah Fakta Dibalik Asal Usul Covid 19, FBI Buka Suara Prihal Wuhan

FBI ungkap fakta asal usul Covid-19 pertama

GridHEALTH.id - Fakta asal usul Covid-19 yang mewabah di dunia, penyebabnya masih membuat orang penasaran.

Direktur FBI, Christopher Wray ikut angkat suara soal kasus Covid-19 ini.

Dirinya mengungkapkan sebuah kemungkinan penyebaran Covid-19 ini bermula karena kebocoran dari laboratorium di Wuhan, China.

Hal tersebut diungkapkan Wray kepada Fox News pada Selasa (28/2/2023). Dia menuturkan, temuan tersebut merupakan hasil asesmen dari lembaganya.

Baca Juga: Varian Baru Covid-19, Kraken dan Orthrus, Apakah Membahayakan?

“FBI sudah cukup lama menilai bahwa asal-usul pandemi kemungkinan besar merupakan potensi insiden laboratorium di Wuhan,” kata Wray kepada Fox News.

Wray mengatakan, dia tidak dapat membagikan banyak detail hasil asesmen FBI karena bersifat rahasia, sebagaimana dilansir Reuters.

Dia menuding Pemerintah China mencoba untuk menggagalkan dan mengaburkan upaya AS dan negara lainnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang asal-usul pandemi Covid-19.

Empat lembaga lainnya, bersama dengan panel intelijen nasional, masih menilai bahwa pandemi kemungkinan besar merupakan hasil dari transmisi alami, dan dua lainnya belum diputuskan, lapor Journal.Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby mengatakan pada hari Senin bahwa pemerintah AS belum mencapai kesimpulan dan konsensus pasti tentang asal mula pandemi.

Dilansir dari BBC, pernyataan Wray tersebut merupakan konfirmasi publik pertama dari asesmen rahasia FBI tentang asal-usul pandemi Covid-19.

Baca Juga: Menkes Segera Temui WHO, Minta Kejalasan Status Pandemi atau Endemi

China Diminta Lebih Jujur

Sebelumnya, fakta asal usul Covid-19 ini selalu membantah laporan soal kebocoran di laboratorium Wuhan.