Find Us On Social Media :

Berapa Durasi Olahraga yang Tepat? Ini Penjelasannya Berdasarkan Jenis Olahraganya

Durasi olahraga yang tepat

GridHEALTH.idOlahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Setiap orang, baik tua maupun muda, perlu memerhatikan aktivitas fisik mereka untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Selain intensitas dan jenis olahraga yang dilakukan, durasi olahraga juga merupakan faktor kunci untuk mencapai manfaat yang optimal.

Wah, berapa ya durasi olahraga yang tepat? Berikut ini penjelasannya.

Mengapa durasi olahraga penting?

Durasi olahraga mengacu pada lamanya waktu yang dihabiskan untuk berolahraga dalam satu sesi. Ini penting karena tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan aktivitas fisik dan menghasilkan manfaat yang diinginkan.

Terlalu sedikit waktu olahraga mungkin tidak memberikan hasil yang diharapkan, sementara terlalu banyak dapat meningkatkan risiko cedera atau kelelahan.

Durasi olahraga yang tepat dan disarankan

American Heart Association merekomendasikan minimal 150 menit aktivitas aerobik moderat atau 75 menit aktivitas aerobik intens dalam seminggu untuk orang dewasa yang sehat. Ini berarti setidaknya 30 menit sehari selama lima hari seminggu atau 25 menit sehari selama tiga hari seminggu.

Bagi mereka yang ingin meningkatkan kesehatan kardiovaskular atau menurunkan berat badan, durasi olahraga dapat ditingkatkan hingga 300 menit aktivitas aerobik moderat atau 150 menit aktivitas aerobik intens dalam seminggu.

Ini bisa dicapai dengan berolahraga 60 menit sehari selama lima hari seminggu atau 50 menit sehari selama tiga hari seminggu.

Durasi olahraga untuk berbagai jenis olahraga

Selain aktivitas aerobik, penting juga untuk mencakup latihan kekuatan dan fleksibilitas dalam rutinitas olahraga Anda.

Berikut adalah durasi yang direkomendasikan untuk berbagai jenis olahraga:

1. Berlari atau bersepeda

Setidaknya 30-60 menit dalam satu sesi untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal.

Baca Juga: Jika Salah Waktu Bisa Bahaya, Ini Waktu Terbaik untuk Berolahraga di Malam Hari