Find Us On Social Media :

Tak Hanya Lezat Dikonsumsi, Alpukat Ternyata Berkhasiat Turunkan Kolesterol

Makan dua alpukat untuk menjaga kolesterol.

GridHEALTH.id - Alpukat termasuk jenis buah yang mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya sebagai obat kolesterol.

Kolesterol merupakan bagian alami dari tubuh manusia yang diproduksi oleh hati, tetapi juga bisa ditemukan dalam makanan sehari-hari.

Bila jumlahnya terlalu banyak, kolesterol yang ada di tubuh dapat membahayakan kesehatan.

Peningkatan kadar kolesterol menempatkan seseorang pada risiko yang lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung atau stroke.

Orang dengan kondisi ini, biasanya berhati-hati saat memilih makanan, karena khawatir menyebabkan kadar kolesterol naik.

Alpukat bukan termasuk makanan yang dipantang, karena bukan meningkatkan kolesterol, tapi justru bisa membantu menurunkan kadarnya.

Khasiat Alpukat untuk Kolesterol Tinggi

Melansir Mayo Clinic, alpukat adalah sumber nutrisi yang baik serta asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA).

Riset menunjukkan kalau serat dari alpukat dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan kualitas kolesterol jahat (LDL).

Selain itu, buah ini juga mempunyai kandungan fitosterol yang merupakan nutrisi penurun kolesterol yang ditemukan pada tanaman.

Menurut HASS Avocado Board, dibandingkan buah yang lain, alpukat lah sumber fitorsterol yang paling baik.

Efektivitas menyembuhkan kolesterol dengan alpukat juga dipelajari dalam sebuah studi yang dilakukan di University Park Pennsylvania, Amerika Serikat.

Baca Juga: Tak Hanya Menyegarkan, Jus Delima Berkhasiat Menurunkan Kolesetrol