Find Us On Social Media :

Ketakutan Berlebih Hingga Tak Nyaman Beraktivitas? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab terlalu takut yang mengganggu kehidupan.

GridHEALTH.id - Merasa cemas dan takut saat akan beraktivitas kerap dialami oleh sejumlah orang.

Munculnya perasaan tersebut merupakan hal yang wajar terjadi, terutama bila kegiatan yang akan dilakukan sifatnya sangat penting.

Akan tetapi, jika perasaan terlalu takut muncul secara berlebihan dan bahkan mengganggu aktivitas, tentu perlu dicari tahu penyebabnya.

Karena jika dibiarkan berlarut begitu saja, akibatnya seseorang menjadi tidak produktif.

Apa Penyebab Terlalu Takut?

Sensasi takut yang timbul tersebut, bisa jadi disebabkan oleh gangguan kecemasan atau yang dikenal sebagai anxiety.

Pasalnya, menurut Mayo Clinic, orang yang mengalami masalah kesehatan mental ini sering kali mempunyai rasa takut dan kecemasan yang intens terhadap situasi tertentu.

Akibatnya, ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari, sulit dikendalikan, tidak sebanding dengan bahaya yang sebenarnya, dan dapat berlangsung lama.

Dilansir dari American Psychiatry Association, setiap orang mungkin mengalami gangguan kecemasan yang berbeda-beda, karena jenisnya cukup beragam.

* Gangguan kecemasan umum: Ditandai dengan kekhawatiran berlebihan dan terus-menerus yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

* Gangguan panik: Seseorang akan mengalami serangan panik yang berulang dan disertai dengan jantung berdebar cepat, berkeringat, tubuh gemetar, hingga mual.

* Agorafobia: Sebuah fobia yang menyebabkan rasa takut berada dalam situasi tertentu, menyebabkan takut naik kendaraan umum, berada di tempat ramai, dan lainnya.

Baca Juga: 4 Cara Efektif Menghilangkan Rasa Cemas, Bisa Dimulai di Rumah