Find Us On Social Media :

8 Jenis Bumbu Dapur yang Tidak Boleh untuk Asam Lambung, Jangan Nekat Kalau Gak Mau Kumat!

Apa saja bumbu dapur yang tidak boleh untuk asam lambung?

GridHEALTH.id – Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi yang sering menyebabkan ketidaknyamanan di perut dan dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Penderita asam lambung perlu memerhatikan makanan dan bumbu yang dikonsumsi agar gejalanya tidak kambuh atau semakin parah.

Lantas, apa saja sebenarnya bumbu dapur yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam lambung? Yuk, simak apa saja yang sebaiknya dihindari.

Bumbu dapur yang tidak boleh untuk asam lambung

Melansir dari berbagai sumber, ini adalah beberapa bumbu dapur yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung:

1. Cabai

Cabai mengandung capsaicin, senyawa yang memberikan rasa pedas. Capsaicin dapat mengiritasi lapisan lambung dan memicu produksi asam lambung berlebihan, sehingga menyebabkan perasaan terbakar atau nyeri.

Bagi penderita asam lambung, menghindari makanan pedas yang mengandung cabai adalah langkah yang bijak untuk mengurangi gejala.

2. Lada hitam

Lada hitam, meskipun sering digunakan untuk memberikan rasa pedas ringan, dapat meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan iritasi pada kerongkongan.

Penderita asam lambung sebaiknya menghindari penggunaan lada hitam dalam masakan mereka untuk mencegah timbulnya gejala.

3. Bawang putih

Bawang putih dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, namun bagi penderita asam lambung, bawang putih dapat menjadi pemicu gejala.

Konsumsi bawang putih, terutama dalam keadaan mentah, dapat menyebabkan rasa panas di dada dan perut.

Menghindari atau mengurangi bawang putih dalam masakan bisa membantu mencegah iritasi lambung.

Baca Juga: Benarkah Bengkoang adalah Obat Asam Lambung? Banyak Kandungan Nutrisinya