Find Us On Social Media :

Angkat Beban Bukan Olahraga Untuk Penderita Diabetes, Ini Alasannya

Olahraga angkat beban tidak dianjurkan untuk penderita diabetes dengan alasan bisa meningkatkan risiko pecahnya pembuluh darah.

GridHEALTH.id - Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar 2013, jumlah orang yang memiliki penyakit diabetes sudah mencapai 6,9% atau mencapai 10 juta orang.

Baca Juga: Akibat Penderita Diabetes Naik Terus, Gula Bakal Dikenakan Cukai

Tercatat jenis diabetes yang paling banyak diidap adalah diabetes melitus (DM) tipe 2 yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat. Kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat membuat seseorang terkena penyakit diabetes.

DM tipe 2 tentu dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Maka dari itu, penting bagi kita melakukan pencegahan agar terhindar dari penyakit tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah rutin berolahraga

Aktivitas ini membantu penderita diabetes untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat tubuhnya. Sebab, orang yang memiliki DM  tipe 2 berisiko mengalami obesitas.

Selain itu, saat berolahraga, tubuh membutuhkan energi ekstra. Ini menyebabkan otot pada tubuh menyerap glukosa sehingga membantu menurunkan kadar gula darah.

Olahraga membantu mengontrol berat badan, mengatur kadar gula darah, dan meningkatkan sirkulasi. Olahraga dengan teratur juga dapat mengurangi stres, kolesterol, dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Ternyata, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Bisa Cegah Virus Corona

Dilansir dari Everyday Health (07/01/20), Sheri Colberg-Ochs, Ph.D., pendiri Diabetes Motion Academy di Santa Barbara, California, sekaligus profesor di Old Dominion University mengatakan, “Saya merekomendasikan setiap orang yang berusia di atas 40 tahun dengan diabetes untuk mengikuti latihan keseimbangan sebagai rutinitas mingguan mereka. Setidaknya 2-3 hari per minggu.”