Find Us On Social Media :

Lakukan 5 Rutinitas Ini Sebelum Berangkat Tidur dan Rasakan Hasilnya

Melakukan rutinitas malam sebelum tidur bantu mendapatkan kualitas tidur yang baik dan menyehatkan pencernaan.

GridHEALTH.id - Bukan rahasia lagi bahwa kualitas tidur yang baik di malam hari berhubungan erat dengan kesehatan yang prima.

Nah, untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, salah satunya dengan melakukan rutinitas malam. Diketahui, rutinitas ini bukan saja membantu mendapatkan kualitas tidur tetapi juga bermanfaat lebih yaitu dapat menjaga saluran pencernaan tetap tenang selama tidur.

"Rutinitas malam dapat meningkatkan kualitas tidur dan menjaga saluran pencernaan tetap sehat. Keduanya saling mendukung satu sama lain," ujar ahli kesehatan Kelly Jones, melansir Well and Good.

Sejumlah peneliti telah membuktikan adanya hubungan antara kesehatan usus atau saluran pencernaan dengan kesehatan mental. Ilmuwan percaya bahwa manusia memiliki 'otak kedua' di dalam usus. Hal ini membentuk komunikasi dua arah antara usus dan otak.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menjaga saluran pencernaan tetap tenang selama tidur adalah konsisten pada waktu makan malam.

Baca Juga: Tidur Cukup di Masa Muda Ternyata Mampu Mencegah Pikun di Hari Tua

Baca Juga: Seorang Ibu Melahirkan Mengaku Baru Hamil 1 Jam, Ini Penyebab Terjadinya Cryptic Pregnancy

 

"Saat tubuh terbiasa makan dalam waktu yang sama setiap hari, pelepasan hormon pencernaan dan relaksasi menjadi lebih mudah," kata Jones. Hal ini tentunya mengarah pada saluran pencernaan yang lebih sehat.