Find Us On Social Media :

Gula Berbahaya di Masa Pandemi Covid-19, SKM dan KKM Turunkan Imunitas Tubuh

Ingin imunitas kuat di masa pandemi Covid-19? Jauhi gula, terlebih SKM.

GridHEALTH.id – Untuk bisa survive di masa pandemi Covid-19, imunitas tubuh harus ditingkatkan. Ini tidak bisa ditawar lagi.

Supaya imunitas tubuh kuat dan stabil, bisa terhindar dari infeksi Covid-19 dan komplikasinya.

Baca Juga: Angka Kematian Covid-19 Lebih dari 10 Ribu, Ahli Epidemiologi: Angka Sebenarnya di Lapangan Lebih Tinggi 3 Kali Lipat dari Laporan Pemerintah

Maka dari itu, hindari semua hal, tanpa kecuali, yang dapat menurunkan imunitas tubuh.

Gula adalah satu yang bisa menurunkan imunitas tubuh.

Dilansir dari The Hufftington Post, ahli penyakit dalam dan gastroenterologi, Niket Sonpal, mengatakan terlalu banyak gula dapat memengaruhi sel-sel dalam sistem imun.

"Gula memengaruhi cara sel darah putih kita menyerang penyebab infeksi," sebutnya.

Baca Juga: Dihitung Secara Statistik, Guru Besar UGM Sebut Pandemi Infeksi Covid-19 Berakhir Februari 2021

Hal yang sama diutarakan oleh Meida Octarina, MCN, Asisten Deputi Ketahanan Gizi, KIA dan Kesling, Kemenko Kesra/PMK (2010-2019), pada saat acara Webnar Nasional I Bidang Kesehatan PP Muslimat NU, yang mengangkat topik ‘Mencetak Ibu Milenial Pembangun Generasi Emas 2045 di Era Pandemi Covid-19’ (11 Agustus 2020).

Menurutnya, gula terkait imunitas, “Gula menghalangi masuknya vitamin C ke dalam sel. Gula akan menyebabkan mikrobanegatif meningkat. Melemahkan mikroba positif. Sehingga melemahkan kerja sel darah putih dalam fagositosis,” papar Meida.

Fagositosis ini adalah penghancuran mikroorganisme dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh manusia oleh sel-sel fagosit polimorfonuklear/neu-trofil.

Baca Juga: Siap-siap Pasien Covid-19 Jalani Isolasi Mandiri Berbayar di Hotel, Dinkes DKI: 'Kami Membantu Ekonomi Hotel'