Find Us On Social Media :

Membalikkan Mitos, Makan Nanas Saat Haid Malah Hilangkan Kram Perut

Mengonsumsi nanas justru baik di saat haid. Khasiatnya telah dibuktikan melalui sebuah penelitian.

GridHEALTH.id - Nanas, buah berwarna kuning dengan cita rasa segar ini menjadi salah satu buah favorit banyak orang.

Rasa segar nanas cocok dijadikan aneka kudapan, terutama rujak, karena asam manis nanas terasa pas dipadukan dengan sambal rujak.

Akan tetapi banyak pula mitos-mitos yang melingkupi nanas. Misalnya saja, saat haid tak baik mengonsumsi nanas karena efeknya bisa membahayakan.

Kebalikan dari mitos tersebut, mengonsumsi nanas justru baik di saat haid. Khasiatnya telah dibuktikan melalui penelitian.

Sebuah laporan dari U.S. Department of Agriculture's Human Nutrition Center di Grand Forks, Dakota Utara, Amerika Serikat, mengatakan jika nanas dapat membantu mencegah kram perut saat haid.

Memang, salah satu masalah saat haid adalah kram perut yang mungkin bagi sebagian wanita sangat menyiksa, hingga tak bisa beraktivitas.

Menurut penelitian tersebut, kandungan pada nanas bisa membantu meredakannya.

Baca Juga: Resep Kuno Minum Air Rendaman Nanas yang Masih Berlaku Sampai Sekarang, Bantu Turunkan Berat Badan dan Cegah Kanker

Baca Juga: Produsen Masker Kain Harus Segera Cantumkan SNI, Ini Syaratnya

"Nanas mengandung kadar bromelain yang tinggi, yaitu enzim yang dipercaya dapat membantu mengendurkan otot, sehingga dapat mencegah kram haid," ujar seorang anggota peneliti, Phyllis Johnson.