Find Us On Social Media :

6 Istilah dan Indikator yang Jadi Petunjuk Kriteria Jantung Sehat

Lingkar pinggang menjadi salah satu indikator jantung sehat. Jumlahnya harus kurang dari setengah tinggi. Misalnya tingginya 160 cm. Maka lingkar pinggang harus bawah 80 cm.

GridHEALTH.id - Salah satu organ vital manusia yang harus dijaga kesehatannya, yaitu jantung.

Sehingga setiap perubahan atau gangguan yang terjadi di dalamnya wajib diwaspadai. Misalnya, mengalami sesak napas, nyeri dada, dan sering kelelahan, hal ini menandakan bahwa jantung mengalami masalah.

Lantas, bagaimana ciri-ciri jantung yang sehat?. Menurut Dr Santosh Kumar Dora dari Cardiac Electro Physiologist, Asian Heart Institute, Mumbai, dimuat di The Daily Sabah (29/01/2021) mengungkapkan, setiap orang dewasa harus mengetahui "syarat dan ketentuan" dari rencana kesehatan jantung yang lebih baik.

Ini memerlukan pelacakan tekanan darah, pengukuran pinggang, berat badan, kolesterol dan kadar gula darah.

Berikut beberapa istilah dan indikator yang berguna untuk dipahami untuk mencegah penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), termasuk penyakit arteri koroner, gagal jantung, dan masalah katup jantung, antara lain;

Baca Juga: Jantung Sehat yang Bisa Melawan Penuaan Dini dan Bikin Panjang Umur

Baca Juga: Tunda Kehamilan Dua Bulan Setelah Suntik Vaksin Covid-19, Saran Pakar

1. Sindrom metabolik

Sekelompok kondisi berbahaya (tekanan darah tinggi, lemak perut berlebih, kadar kolesterol yang tidak terkontrol, dan intoleransi glukosa-pra-diabetes) yang dapat berkembang menjadi penyakit jantung.

Ini meningkat dengan cepat di antara usia 20 hingga 39 dan seringkali dapat dicegah atau disembuhkan melalui diet dan olahraga.