Find Us On Social Media :

Pola Makan dan Olahraga Perlu Disesuaikan dengan Tahapan Siklus Menstruasi Agar Nyaman Menjalaninya

Penting untuk mengetahui siklus haid agar kita bisa menyesuaikan diri aktivitas, pola makan, dan olahraga.

GridHEALTH.id - Mem-booming-nya aplikasi pelacakan haid telah membuka mata kita terhadap dampak siklus menstruasi kita terhadap berbagai elemen kehidupan kita.

Dari memahami suasana hati kita, hingga melacak gejala fisik, informasi yang lebih baik tentang kesehatan fisik dan mental kita sangat besar.

Sains telah menunjukkan bahwa buat para wanita, ada hari-hari di dalam setiap bulan dimana kita menjadi rentan, mood swing muncul, tubuh lemah lunglai, tapi kita mampu dengan cepat bangkit menyesuaikannya.

Contohnya, tim sepak bola wanita Chelsea FC berhasil menyinkronkan siklus menstruasi mereka dengan jadwal pelatihan, menunjukkan tim ini mampu pola olahraga dan pola makan dengan siklus haid dalam sebulan.

Cari tahu kapan dan bagaimana menyesuaikan pola makan dan olahraga kita dengan setiap tahapan menstruasi agar nyaman menjalani waktunya datang bulan.

MENSTRUASI (HARI 1-5)

Hari pertama haid kita adalah hari pertama siklus kita. Saat ini, kadar hormon turun. Kekurangan zat besi dapat memengaruhi tingkat energi kita dan meningkatkan keinginan untuk mengidam, kata ahli gizi, Laura Southern dari London Gynecology Hospital.

Baca Juga: Bingung Bagaimana Menghitung Siklus Menstruasi? Begini Caranya

Baca Juga: Dari Pejabat Tinggi Hingga Artis Ramai Daftar Jadi Orangtua Asuh Aisyah yang Jadi Sebatang Kara Akibat Covid-19

Apa yang harus dimakan saat sedang haid?

Ahli gizi Dr Sana Khan dan Imperial College di Londona merekomendasikan keseimbangan kadar gula darah dengan makanan berikut.