Find Us On Social Media :

Hasil Studi : Serangan Jantung Bisa Muncul Akibat Kurang Tidur

Kurang tidur berisiko munculkan serangan jantung.

 

GridHEALTH.id - Meskipun merupakan kebutuhan, kebanyakan dari kita ternyata kurang tidur. Apalagi di negara maju, orang begadang semalaman untuk belajar, bekerja, atau bahkan untuk bersenang-senang.

Namun ketahuilah, kurang tidur membawa masalah kesehatan jangka pendek dan panjang yang tidak diinginkan.

Kurang tidur dapat memengaruhi keputusan, suasana hati, kemampuan belajar, dan kemampuan untuk menyimpan informasi sehingga dapat meningkatkan risiko kecelakaan dan cedera serius dalam jangka pendek.

Selain itu, dalam jangka panjang, kurang tidur menjadi kronis dapat menyebabkan masalah kesehatan antara lain obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskular, bahkan kematian dini.

Penelitian di Swedia pada 2010 menunjukkan bahwa bahkan kurang tidur semalam pada orang yang memiliki riwayat hipertensi dapat menyebabkan hipertensi (atau setidaknya peningkatan) sepanjang hari berikutnya.

Efek ini mungkin mulai menjelaskan hubungan antara kurang tidur dan penyakit kardiovaskular. Selain menjadi faktor penyebab hipertensi, kurang tidur juga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular akibat obesitas dan diabetes.

Baca Juga: Hari Tidur Sedunia; Kualitas Tidur Menentukan Sehat Fisik dan Psikis

Baca Juga: 5 Mitos Tentang Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) yang Perlu Diketahui

Riset yang diterbitkan dalam American College of Cardiology juga menemukan efek kurang tidur pada risiko serangan jantung.