Find Us On Social Media :

Tips Hindari Gangguan Asam Lambung, Kurangi Gula Hingga Rajin Minum

Rajin minum air putih merupakan salah satu cara menghindari gangguan asam lambung.

GridHEALTH.id - Gangguan asam lambung,  yang juga dikenal dengan istilah refluks, adalah penyakit lambung kronis yang menyebabkan asam lambung keluar dari lambung melalui kerongkongan.

Gejala refluks yang paling khas adalah sensasi terbakar di tenggorokan dan sekitar dada serta rasa ada sesuatu yang menempel di tenggorokan, tenggorokan gatal dan iritasi pada esofagus yang disebabkan oleh asam lambung.

Meskipun banyak orang memilih untuk mengabaikan refluks, hal itu dapat menyebabkan asma, radang tenggorokan, atau kesulitan menelan.

Saat makan sesuatu, makanan akan melunak dengan bantuan air liur dan mengalir ke perut melalui kerongkongan.

Biasanya, otot perut melenturkan dan mencegah makanan keluar. Namun, otot perut pasien yang menderita penyakit refluks tidak cukup kuat untuk menjaga area antara perut dan esofagus tetap tertutup.

Studi yang dilakukan oleh para ilmuwan menunjukkan bahwa penurunan kadar asam lambung mengakibatkan otot perut rusak sehingga tidak dapat melenturkan secara teratur.

Baca Juga: Mengatasi Asam Lambung yang Meningkat di Saat Menjalani Puasa

Baca Juga: Jangan Abaikan Bila Suara Serak Mendadak, Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini

Refluks bukanlah penyakit yang muncul secara tiba-tiba. Semua aktivitas yang menyebabkan tekanan perut meningkat termasuk makan berlebihan dan makan cepat serta memakai korset memicu penyakit gastroesophageal reflux yang bahkan bisa berujung pada kanker esophagus.