Find Us On Social Media :

Bisa Menyerang Semua Golongan, Penyakit Yang Disebabkan Oleh Kekurangan Gizi

Pola makan dan nutrisi yang seimbang sangat penting agar tak kekurangan gizi yang bisa menimbulkan penyakit.

GridHEALTH.id - Pola makan dan nutrisi yang seimbang sangat penting untuk gaya hidup sehat. Tubuh kita membutuhkan semua jenis nutrisi penting agar berfungsi dengan baik, yang jika tidak ada, dapat menyebabkan kekurangan gizi, yang akibat tubuh kita tidak mendapatkan cukup nutrisi.

Kekurangan nutrisi terjadi ketika tidak ada nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan dan dapat mempengaruhi fungsi tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Pada dasarnya kekurangan nutrisi dapat disebabkan oleh asupan nutrisi yang buruk, kondisi kesehatan kronis, kondisi kesehatan akut, obat-obatan, perubahan metabolisme nutrisi, atau kombinasi dari faktor-faktor ini, dan dapat berdampak pada tingkat makronutrien dan mikronutrien dalam tubuh.

Ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan perubahan dalam metabolisme energi, fungsi kekebalan, fungsi kognitif, pembentukan tulang, dan / atau fungsi otot, serta pertumbuhan dan perkembangan.

Ada banyak kekurangan dan penyakit yang disebabkan oleh malnutrisi, beberapa di antaranya penyakit kudis, penyakit beri-beri, gondok, anemia dll.

Dikutip dari American Journal of Clinical Nutrition dan Journal of Academy of Nutrition and Dietetics, berikut beberapa penyakit yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi dan cara pencegahannya;

Baca Juga: Salah Pola Makan di Usia Remaja, Berisiko Anaknya Kelak Kurang Gizi dan Stunting

Baca Juga: Nyeri Punggung Ganggu Aktivitas, Ini Tips Untuk Mengatasinya

1. Osteoporosis

Osteoporosis disebabkan oleh kekurangan vitamin D dan kalsium. Ini mempengaruhi kesehatan tulang dan tulang belakang dan menyebabkan tulang tidak sehat yang lebih rentan terhadap patah tulang dan cacat pada struktur tulang belakang.