Find Us On Social Media :

Diet Sehat Selama Menstruasi , Makan Sesuai Siklus Untuk Mengatasi PMS

Diet sehat selama menstruasi sesuai siklusnya bisa mengatasi PMS.

GridHEALTH.id - Menyesuaikan pola makan (diet) kita untuk mendukung hormon kita yang berfluktuasi dapat menjadi penolong untuk mengatasi PMS, periode yang menyakitkan, atau gejala ketidakseimbangan hormon lainnya.

Alasannya? Semua hormon dalam sistem endokrin kita yang bekerja sama untuk menjalankan fungsi vital dan meningkatkan homeostasis (keadaan keseimbangan) dalam tubuh, dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk apa yang kita makan.

Khususnya keseimbangan progesteron dan estrogen (hormon siklus utama yang berfluktuasi sepanjang siklus bulanan kita) sangat penting tidak hanya untuk kesehatan hormon, tetapi juga kesejahteraan fisik mental dan emosional secara keseluruhan.

Nutrisi tertentu membantu mendukung detoksifikasi hormon, memengaruhi aktivitas hormon, atau meningkatkan produksinya.

Sangat menarik ketika kita melihat gejala makanan yang dapat membantu kita. Misalnya, protein menyediakan asam amino, bahan mentah yang dibutuhkan untuk membuat hormon.

Sementara makanan seperti kangkung dan brokoli (makanan kaya sulforaphane, jika kita ahli gizi) dapat membantu mendukung proses detoksifikasi termasuk menghilangkan kelebihan estrogen.

Vitamin C, yang ditemukan dalam makanan seperti sayuran berdaun gelap, jeruk dan peterseli, adalah kunci untuk membantu produksi kortisol, yang memengaruhi respons stres kita.

Sementara makanan kaya magnesium seperti tahu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan dapat membantu mengatasi PMS terkait retensi air dan nyeri haid.

Menjaga kadar gula darah kita tetap stabil juga berkontribusi pada keseimbangan hormon secara keseluruhan, membantu mengurangi perubahan suasana hati dan mengelola berat badan, tidur, dan mengidam dengan lebih baik.

Baca Juga: Menstruasi Wanita Bisa Sedikit Terlambat Pasca Vaksin Covid-19, Studi

Baca Juga: Healthy Move, Panduan 5 Latihan Otot Dada Agar Tegap dan Kuat

Untuk melakukan ini, cobalah makan makanan seimbang yang mengandung serat dan protein secara berkala, dan perhatikan jenis gula dan karbohidrat yang kita makan.