Find Us On Social Media :

Susah Tidur? Coba Lakukan 7 Kebiasaan Ini Agar Cepat Terlelap

Tinggalkan smartphone dan redupkan lampu sebelum tidur..

GridHEALTH.id - Susah tidur padahal sudah lama berbaring di ranjang? Padahal agar tubuh kita sehat baik fisik dan mental, kita memerlukan jam tidur yang cukup. Pada orang dewasa sekitar 6 hingga 8 jam setiap malam.

Bila susah tidur, coba lakukan cara seperti di bawah ini. Sebab rutinitas istirahat yang konsisten setiap hari dapat membantu kita tertidur lebih cepat dan andal.

Cobalah salah satu atau semua perilaku santai berikut untuk tidur malam yang nyenyak;

1. Mandi air hangat

Suhu tubuh kita secara alami turun di malam hari, mulai dua jam sebelum tidur dan turun pada pukul 4 atau 5 pagi, menurut sebuah studi tahun 1997 yang dilakukan oleh New York Hospital-Cornell Medical Center.

Saat  kita berendam di bak mandi air panas, suhu kita naik, dan periode pendinginan yang cepat segera setelah itu membuat kita rileks.

Dua jam sebelum tidur, berendamlah di bak mandi selama 20 atau 30 menit, saran Joyce Walsleben, PhD, profesor di Fakultas Kedokteran Universitas New York.

"Jika Anda menaikkan suhu satu atau dua derajat dengan mandi, penurunan yang lebih curam pada waktu tidur lebih mungkin membuat Anda tertidur lelap," katanya.

2. Redupkan lampu

Baca Juga: Tidur nyenyak! Tips Melawan Insomnia Selama Pandemi Covid-19

Baca Juga: Healthy Move, Langsing dan Kencangkan Tubuh Dengan Latihan Jalan Kaki 25 Menit

Larut malam, tubuh melepaskan zat kimia melatonin, yang membuat kita mengantuk, tetapi hanya jika tubuh menerima isyarat yang tepat dari lingkungan kita.