Find Us On Social Media :

5 Tips Praktis Menjaga Kadar Gula Darah Agar Normal Selama Puasa

Upayakan kadar gula normal selama menjalani puasa Ramadan.

GridHEALTH.id  – Selama berpuasa, ada banyak perubahan tubuh yang terjadi. Salah satunya adalah penurunan kadar gula darah di dalam tubuh.

Meskipun wajar, kondisi ini bisa menjadi masalah besar bagi penyandang siabetes. Sebab, jumlah gula darah yang tak terkendali saat puasa bisa memicu komplikasi, seperti hiperglikemia dan hipoglikemia.

Sebelum memutuskan untuk berpuasa, sebaiknya penyandang diabetes melakukan pengecekan gula darah demi mencegah komplikasi diabetes selama puasa.

Jika kondisi memungkinkan, barulah kita bisa berpuasa sambil berupaya menjaga gula darah tetap normal dan stabill. Bagaimana caranya?

1. Jangan melewatkan sahur

Atur jadwal makan sahur saat subuh setelah bangun pagi agar gula darah lebih stabil sepanjang hari. Pilih makanan karbohidrat dengan indeks glikemik rendah atau low glycemic index (GI), dan tinggi serat.

Makanan tersebut diserap lebih lambat oleh pencernaan dan tidak menyebabkan fluktuasi berlebihan pada kadar gula darah. Contoh makanan seperti roti gandum, kacang-kacangan, oatmeal, sayur dan buah.

Jangan lupa dengan asupan protein dan lemak tidak jenuh kamu. Pilih protein dari ikan, kacang, atau daging rendah lemak. Sedangkan untuk makanan dengan lemak baik bisa diambil dari ikan yang kaya akan omega-3.

2. Jangan 'kalap' saat berbuka puasa

Baca Juga: 7 Jadwal Cek Gula Darah Bagi Penyandang Diabetes yang Ikut Puasa

Baca Juga: Berantas Stunting: Pernikahan Dini, Salah Satu Penyebab Tingginya Angka Stunting di Indonesia

Baca Juga: Maksimalkan Nutrisi di Minggu Terakhir Puasa Dengan Susu Kurma