Find Us On Social Media :

Konsumsi 5 Makanan Ini, Berat Badan Bisa Tetap Ideal Pasca Lebaran

Konsumsi telur dapat membantu membakar lemak dalam tubuh.

GridHEALTH.id – Kenaikan berat badan jadi salah satu masalah yang sering terjadi setelah lebaran selesai.

Makanan yang disantap pada hari raya seperti opor ayam hingga rendang, mempunyai kandungan lemak yang tinggi.

Dilansir dari laman nidirect.gov.uk, mengonsumsi makanan yang tinggi lemak secara berlebihan dapat menyebabkan berat badan berlebih atau obesitas.

Selain itu, terlalu banyak lemak di tubuh juga berisiko meningkatkan penyakit tertentu seperti penyakit jantung, sindrom metabolisme, diabetes, dan lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk membakar lemak berlebih yang ada dalam tubuh, agar berat badan tetap ideal dan terhindar dari penyakit-penyakit yang mengintainya.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membakar lemak di dalam tubuh, salah satunya dengan memperhatikan apa yang dimakan sehari-hari.

Nah, berikut ini adalah sederet makanan yang bisa bantu bakar lemak di perut setelah lebaran, dilansir dari Healthline.

1. Ikan berlemak

Jenis ikan seperti salmon, sarden, dan mackerel mengandung asam lemak omega-3, yang terbukti dapat mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung. Selain itu juga mengurangi lemak tubuh.

Baca Juga: Masakan Bersantan Jangan Dipanaskan Berulangkali, Ini Bahayanya

Dalam studi yang dilakukan selama enam minggu pada 44 orang dewasa, ditemukan bahwa orang yang konsumsi suplemen minyak ikan lemaknya berkurang 0,5 kilogram dan mengalami penurunan kortisol, hormon stress yang berkaitan dengan penyimpanan lemak.

Ikan jenis ini juga tinggi kandungan proteinnya, menyebabkan perut kenyang dan meningkatkan metabolisme secara signifikan.