Find Us On Social Media :

Long Covid-19 Itu Nyata, Ini Aneka Gejala yang Menetap Meski Sudah Dinyatakan Sembuh

Kelelahan terus-menerus adalah salah satu gejala long Covid-19 yang menetap.

GridHEALTH.id - Dunia telah berjuang melawan Covid-19 selama hampir tiga tahun. Selama tahun-tahun ini, banyak yang menyerah pada Covid-19 yang parah dan meninggal karena parahnya infeksi.

Penelitian telah menemukan bahwa mereka yang bertahan dari gejala Covid-19 yang parah lebih dari dua kali lebih mungkin meninggal pada tahun depan dibandingkan mereka yang memiliki gejala yang lebih ringan atau belum terinfeksi.

Virus corona menginfeksi sel-sel kekebalan, yang memicu respons peradangan besar-besaran, yang mengarah ke Covid-19 yang parah.

Telah terbukti bahwa peradangan menyebabkan gangguan pernapasan yang parah dan kerusakan organ lainnya.

Menurut penelitian, dua jenis sel darah putih terlibat dalam penelitian, makrofag di paru-paru dan monosit dalam darah. Ketika sel-sel ini terinfeksi virus, mereka memicu peradangan.

Sebuah studi yang diterbitkan di Frontiers in Medicine menunjukkan bahwa penyakit serius dapat memiliki konsekuensi kesehatan jangka panjang, menekankan pentingnya perlindungan vaksinasi.

Bahkan setelah sembuh dari Covid-19 yang parah, seseorang harus bertahan menghadapi Covid-19 yang berkepanjangan, hingga tahunan, yang terbukti ada bahkan pada pasien dengan infeksi ringan.

Dengan meningkatnya kasus virus corona di negara itu, para ahli juga memperingatkan orang-orang untuk mewaspadai gejala Covid yang berkepanjangan untuk menghindari komplikasi.

Apa Itu gejala Covid-19 panjang? Orang dengan "kondisi pasca-Covid-19," seperti yang didefinisikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), memiliki gejala yang muncul tiga bulan setelah episode awal Covid dan bertahan, hingga ada yang tahunan,  dan tidak dapat dijelaskan dengan diagnosis lain.

Baca Juga: Long Covid-19 Akibat Omicron Jarang Terjadi Pada Orang yang Telah Divaksinasi Lengkap, Studi

Baca Juga: Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dengan Gaya Hidup Sehat

Penyakit dapat berlangsung lama atau timbul setelah fase akut suatu penyakit, meskipun tidak ada gejala yang terlihat.