Find Us On Social Media :

5 Buah Anti Kolesterol, Wajib Dimakan Setiap Hari Agar Jantung Sehat

Alpukat, salah satu buah anti kolesterol yang direkomendasikan.

GridHEALTH.id. Salah satu kondisi paling umum yang dihadapi oleh masyarakat sekarang, bahkan yang lebih muda adalah tingkat 'kolesterol' mereka yang tinggi, yang berdampak pada kesehatan jantung.

Kolesterol terdapat di setiap sel tubuh dan memiliki fungsi alami yang penting dalam merangsang berbagai aktivitas dalam tubuh, termasuk pencernaan makanan, produksi hormon dan lain-lain.

Ada dua jenis kolesterol. HDL (High-density lipoproteins) diklasifikasikan sebagai kolesterol baik dan sangat penting untuk kelancaran fungsi tubuh. Kolesterol HDL mengangkut semua limbah dan racun kembali ke hati.

LDL (Low-density lipoprotein), juga dikenal sebagai kolesterol jahat, adalah salah satu dari lima kelompok utama lipoprotein, yang mengangkut semua molekul lemak ke seluruh tubuh.

Kolesterol jahat membentuk lapisan plak di dinding arteri, yang membuat darah sulit mengalir, yang selanjutnya berkontribusi pada tekanan darah tinggi dan dalam kasus yang lebih buruk, bahkan stroke.

Jika kita terbiasa  makan banyak lemak trans seperti kentang goreng, burger, dan pizza, ada kemungkinan besar kadar kolesterol akan meningkat.

Di sisi lain, menambahkan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian yang kaya serat ke dalam makanan, dapat membantu menjaga kadar kolesterol LDL tetap terkendali.

Tingkat kandungan serat yang tinggi dari beberapa buah membantu mengurangi kadar kolesterol secara besar-besaran.

Inilah 5 buah anti kolesterol yang disarankan dikonsumsi setiap hari;

Baca Juga: Habis Makan Daging Kambing Tak Perlu Khawatir, Ini 11 Makanan Penurun Kolesterol

Baca Juga: Ini Jenis Vaksin yang Membutuhkan Booster Agar Perlindungan Terhadap Infeksi Virus Corona Terjaga

1. Alpukat Alpukat menjadi sumber antioksidan yang kaya seperti vitamin K, C, B5, B6, E dan lemak tak jenuh tunggal, yang membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke.