Find Us On Social Media :

Healthy Move, 5 Pose Yoga Terbaik untuk Pinggul Lebih Fleksibel

Downward dog, salah satu gerakan yoga untuk membuat pinggul lebih fleksibel.

GridHEALTH.id - Tubuh selalu menuntut lebih banyak mobilitas dari kita, tetapi banyak rutinitas sehari-hari menyebabkan kita kurang bergerak.

Dengan demikian, persendian mengurangi kinerja fisiknya, kita menjadi rentan terhadap cedera dan kualitas hidup  menurun. Karena itu, dengan pose yoga untuk pinggul yang lebih fleksibel, kita dapat melakukan pencegahan.Yoga adalah olahraga yang dapat memperkuat tubuh, pikiran, dan jiwa. Olahraga ini menggabungkan kekuatan otot, latihan pernapasan dan meditasi. Disiplin adalah salah satu ciri olahraga ini untuk menjaga kesehatan kita secara integral.

Jika kita memiliki pinggul yang kuat, kita dapat mencegah jatuh dan patah tulang di seluruh area tungkai bawah. Kita  juga dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada lutut dan punggung.Tujuan utamanya adalah agar latihan fleksibilitas dan ketahanan ini mendukung kita dengan meredam benturan.

Otot-otot yang bertanggung jawab untuk fleksi pinggul adalah sebagai berikut:

- Psoas: itu adalah otot terdalam dan membuat  kita menjaga stabilitas tulang belakang.

- Rektus femoris paha depan: itu adalah otot bi-artikular, karena bekerja di 2 sendi, memfasilitasi ekstensi lutut dan fleksi pinggul.

- Sartorius: memanjang antara pinggul dan lutut, memungkinkan keduanya untuk melenturkan. Ini juga memungkinkan kita untuk menempatkan tumit satu kaki di depan lutut kaki yang berlawanan.Sebagian besar kelas yoga biasanya dimulai dengan pra-latihan yang disebut salam matahari (sun salutation), yang mencakup serangkaian posisi dinamis.  Kita harus mulai berdiri dan secara bertahap menurunkan diri untuk mempersiapkan persendian.Pernapasan sangat penting untuk menghasilkan energi tubuh yang dibutuhkan untuk aktivitas yang akan kita akukan nanti.

Setelah salam matahari selesai, 5 pose yoga ini akan membantu kita memiliki pinggul yang lebih fleksibel.

Baca Juga: Healthy Move, 3 Gerakan Yoga Terbaik Untuk Atasi Kram Menstruasi

Baca Juga: Hanya dengan Sedikit Perubahan Gaya Hidup, Penyandang Diabetes Bisa Panjang Umur

1. Hero

Kita mulai dengan berlutut dengan kaki terpisah. Biarkan punggung kaki menyentuh matras tempat berlatih.Kita harus duduk di pantatdan bersandar ke belakang. Kita dapat mengistirahatkan siku di lantai dan tujuannya adalah untuk meregangkan punggung sejauh mungkin.