Find Us On Social Media :

Healthy Move, Pemanasan Cepat Sebelum Berolahraga, 7 Latihan Peregangan Dinamis

Peregangan dinamis diperlukan sebelum berolahraga untuk mempersiapkan otot.

GridHEALTH.id - Sebelum melakukan olahraga apapun, pemanasan otot sebelum memulai sangatlah penting.

Dengan melakukan itu, kita mempersiapkan tubuh dan pikiran untuk aktivitas tersebut. Untuk memulainya, penting untuk diketahui bahwa jenis aktivitas ini pada dasarnya sangat sederhana dan tidak memerlukan banyak waktu.

Namun, mereka memiliki dampak yang signifikan pada tingkat cardiopulmonary, dan berguna untuk pencegahan cedera.

Fungsi Peregangan Dinamis

Peregangan dinamis dilakukan dengan gerakan yang lancar dan terkontrol. Kita tidak perlu menerapkan perlawanan di posisi apa pun. Fungsi utamanya adalah memanjangkan serat otot untuk mempersiapkan tubuh sebelum melakukan aktivitas fisik yang lebih berat.Tidak seperti peregangan statis, peregangan ini mampu meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot. Peregangan dinamis juga meningkatkan fleksibilitas sendi.

1. Kaki ke atas

Ini adalah salah satu rutinitas pemanasan cepat yang paling direkomendasikan oleh para ahli, karena membantu meningkatkan aliran darah.

Mulailah berdiri, dengan punggung lurus dan kaki terbuka. Ambil salah satu kaki dan angkat setinggi pinggang. Untuk melakukan ini, tekuk lutu ke samping.

Lakukan ini dengan lancar dan ganti kaki dengan setiap pengulangan. Secara bersamaan, regangkan lengan sebelum dan sesudah melakukan gerakan dengan kaki. Ulangi seluruh latihan 10 kali.

2. Rotasi

Latihan ini dapat diterapkan pada area tubuh tertentu, atau semuanya secara bersamaan. Misalnya, leher, bahu, badan, lutut, dan pergelangan kaki.

Ini terdiri dari memutar bagian yang dipilih, dengan gerakan memutar searah jarum jam dan kemudian sebaliknya. Latih tiga pengulangan di setiap sisi tubuh.

Baca Juga: 6 Tips Untuk Peregangan yang Aman Guna Terhindar Dari Risiko Cedera

Baca Juga: Diabetes Tidak Dapat Disembuhkan Namun Bisa Dicegah Komplikasinya

3. Peregangan kaki

Tujuannya adalah untuk meregangkan kaki kita memanjang sehingga mereka berada di belakang yang lain. Bawa kaki kiri ke belakang sampai jari kaki menyentuh lantai.