Find Us On Social Media :

Catat, Ternyata Ini Dia Kebiasaan Buruk Pemicu Kolesterol Tinggi

Sering mengonsumsi makanan gorengan, salah satu kebiasaan buruk pemicu kolesterol tinggi.

GridHEALTH.id - Mempertahankan kadar kolesterol yang sehat membantu mencegah penyakit jantung.

Bila kita mempunyai kolesterol tinggi (LDL) atau 'kolesterol jahat' yang tinggi, kita dapat menggunakan kombinasi perubahan pola makan dan kebiasaan untuk menurunkan kolesterol LDL mereka ke tingkat yang sehat dari waktu ke waktu.Tubuh membutuhkan beberapa kolesterol untuk berfungsi secara normal. Namun, terlalu banyak kolesterol, terutama kolesterol LDL,  meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

Jadi apa penyebab kolesterol tinggi, dan bagaimana cara menurunkannya? Ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap lonjakan kadar kolesterol, termasuk merokok, kelebihan berat badan, kurang olahraga, dan pola makan yang buruk.

Kebiasaan Makan yang Dapat Memicul Kolesterol Tinggi

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana pola makan yang buruk dapat meningkatkan kadar kolesterol, berikut pendapat beberapa ahli diet ahli tentang kebiasaan makan yang secara diam-diam meningkatkan kadar kolesterol .

1. Terlalu banyak makan daging merah

Diet tinggi daging merah telah diketahui meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Ini terutama disebabkan oleh kandungan lemak jenuhnya.“Penyakit jantung dan obesitas adalah penyakit utama yang terkait dengan pola makan tinggi daging merah.

Ini karena kandungan lemak jenuh daging yang tinggi, yang menyebabkan peningkatan kolesterol dan penyumbatan arteri bersama dengan trigliserida. Memotong atau mengurangi lemak jenuh secara signifikan dalam diet Anda adalah satu perubahan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung," kata Trista Best, MPH, RD, LD di Balance One Supplements.

2. Diet yo-yo

Banyak orang mungkin tidak menyadari hal ini, tetapi diet ketat atau diet tidak sehat lainnya sebenarnya dapat menyebabkan masalah pada kesehatan dan kadar kolesterol.

Baca Juga: 3 Daun Penurun Kolesterol, Ternyata Bisa Dibuat Sendiri di Rumah!

Baca Juga: Kaleidoskop Penyakit 2022, Penyakit Tidak Menular Tetap Menjadi Momok

"Satu kebiasaan yang kurang diketahui yang diketahui berdampak pada kolesterol adalah diet yo-yo.

Diet ini telah dikaitkan dengan HDL (kolesterol 'baik') yang lebih rendah dan LDL (kolesterol 'jahat' yang lebih tinggi).

 Harus dipertimbangkan bahwa metode ekstrem apa pun untuk menurunkan berat badan mungkin lebih merusak kolesterol daripada benar-benar mempertahankan berat badan yang lebih tinggi (dan mungkin) lebih nyaman bagi tubuh siapa pun.