Find Us On Social Media :

Inilah 7 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Untuk Menjaga Ginjal Sehat

Berikut ini makanan untuk ginjal sehat yang dapat dijadikan pilihan konsumsi harian.

GridHEALTH.id – Sebagai salah satu organ vital yang berbentuk seperti kacang dengan besaran masing-masing sekepalan jari tangan, ginjal perlu diperhatikan dan dijaga kesehatannya agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Sebelumnya kasus terkait gangguan ginjal akut sempat merebak pada anak akibat keracunan obat, menjadi pelajaran seharusnya bagi seluruh pihak termasuk masyarakat dalam memperhatikan kembali pentingnya memiliki ginjal sehat.

Oleh karena itu, mari mengenali fungsi ginjal dan cara kerjanya, hingga makanan untuk ginjal sehat yang dapat dijadikan sebagai pilihan harian, serta komplikasi yang berisiko terjadi apabila ginjal sehat menjadi rusak. Semua ada dalam ulasan berikut ini.

Fungsi Ginjal Sehat

Tidak dapat diremehkan keberadaannya, ginjal sangat membantu sistem kerja organ di dalam tubuh, dengan fungsinya yang paling umum adalah sebagai tempat penyaringan.

Penyaringan pada ginjal akan membantu membuang limbah dan cairan berlebih di dalam tubuh dalam bentuk urin, ginjal sehat juga akan membuang asam yang diproduksi oleh sel-sel tubuh, menjaga keseimbagan air, garam, dan mineral (natrium, kalsium, fosfor, dan kalium).

Selain itu, ginjal sehat juga dapat memproduksi hormon yang membantu mengontrol tekanan darah, membuat sel darah merah, hingga hormon untuk menjaga tulang kuat dan sehat. Dengan fungsi ginjal yang berjalan dengan baik dapat membuat keseimbangan yang baik untuk saraf, otot, dan jaringan dalam tubuh.

Cara Kerja Ginjal Sehat

Ginjal terletak di bawah tulang rusuk, satu di setiap sisi tulang belakang, yang terdiri dari satu juta unit penyaringan yang disebut nefron di setiap ginjal, juga termasuk filter yang disebut glomerulus dan tubulus.

Cara kerja ginjal sehat adalah setiap nefron yang memiliki glomerulus ini akan menyaring darah dan tubulus yang akan mengembalikan zat yang dibutuhkan tubuh ke darah dan mengeluarkan limbah yang tidak diperlukan tubuh.

7 Makanan Untuk Ginjal Sehat

Beberapa makanan dapat meningkatkan kerja ginjal, ada juga yang memberikan tekanan pada ginjal sehingga berisiko menyebabkan kerusakan.

Sebagai langkah pencegahan sebelum terjadinya gangguan ginjal, maka berikut ini rekomendasi 7 makanan untuk ginjal sehat yang dapat dikonsumsi harian, yaitu:

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak yang tinggi dengan asam lemak omega-3 seperti salmon dan tuna bisa menjadi pilihan makanan untuk ginjal sehat, terlebih tubuh tidak dapat menghasilkannya sendiri.

Asam lemak omega-3 menjadi penting karena dapat mengurangi kadar lemak dalam darah dan menurunkan tekanan darah, yang berisiko pada kerusakan ginjal jika tekanan darah selalu tinggi.

 Baca Juga: 7 Cara Mudah Menjaga Ginjal Tetap Sehat dan Berfungsi Baik, Wajib Tahu