Find Us On Social Media :

Kandungan Gizi Beras Merah, Putih, Hitam Serta Perbedaannya, Mana yang Paling Sehat?

Pahami kandungan gizi beras merah, putih, hitam sebelum memilih beras yang digunakan. Ini perbedaannya!

GridHEALTH.id – Karbohidrat menjadi salah satu jenis sumber energi yang perlu dipenuhi oleh setiap orang per harinya.

Salah satu sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah nasi yang berasal dari beras.

Saat ini ada beragam jenis beras yang disebut memiliki keunggulannya masing-masing, seperti beras putih, merah, hingga hitam.

Simak ulasan di bawah ini mengenai jenis yang lebih sehat untuk dikonsumsi dengan mengenali kandungan gizi beras merah, putih, hitam di bawah ini.

Kandungan Gizi Beras Merah, Putih, Hitam

Berikut ini kandungan gizi beras merah, putih, hitam yang perlu diperhatikan sebelum menentukan jenis beras yang akan dikonsumsi, yaitu:

Baca Juga: Pegawai Diskumdag Meninggal Dunia, Inilah Penyebab Kematian Mendadak

1. Beras Merah

Kalorinya sebesar 352 kal, protein (7,3gr), lemak (0,9gr), karbohidrat (76,2gr), serat (0,8gr), kalsium (15mg), pospor (257mg), besi (4,2gr), vitamin B1 (0,34mg), air (14,6gr).

2. Beras Putih

Kalorinya sebesar 357 kal, protein (8,4gr), lemak (1,7gr), karbohidrat (77,1gr), serat (0,2gr), kalsium (147mg), pospor (81mg), besi (1,8gr), vitamin B1 (0,2mg), air (12gr).

3. Beras Hitam

Protein  7,44-10,08%, lemak 0,22-0,42%, serat kasar 0,06-0,10%, total abu 0,14-0,78%, karbohidrat 75,80-78,68%.

Perbedaan Beras Merah, Putih, Hitam

Selain melihat dari kandungan gizinya, perbedaan beras merah, putih, dan hitam juga dapat dilihat dari faktor lain, seperti pada beras putih, akibat proses penggilingan, beras putih disebut tidak memberikan banyak manfaat untuk tubuh karena kandungan nutrisinya, seperti lemak, protein, serat, vitamin, zat besi banyak yang hilang.

Sedangkan, untuk beras merah sendiri merupakan beras tumbuk atau pecah kulit, sehingga kulit arinya tidak banyak terbuang, di mana kulit ari beras merah ini mengandung zat-zat gizi yang penting bagi tubuh serta tinggi kandungan serat dan minyak alami.

Baca Juga: Ferry Irawan Pesilat, Hasil Visum Hidung Venna Melinda Pembuluh Darah Pecah