Find Us On Social Media :

Insomnia Berkepanjangan? Yuk Mulai Rutin Lakukan Pijatan di Titik Ini

Inilah beberapa titik pijat insomnia.

GridHEALTH.id - Insomnia yang berkepanjangan harus diatasi, karena dapat berdampak pada kesehatan. Salah satu cara menyelesaikannya adalah dengan pijat.

Seperti yang diketahui, insomnia adalah kondisi saat seseorang susah untuk tertidur pada malam hari dan sulit untuk tidur nyenyak.

Penyebab dari kondisi ini, menurut Mayo Clinic sangat beragam, mulai dari stres, pengaruh pekerjaan, pola tidur yang tidak baik, atau bahkan karena kondisi kesehatan tertentu.

Kondisi ini tidak boleh dibiarkan karena dapat menyebabkan kelelahan pada jam-jam produktif, yang akhirnya berdampak pada pekerjaan dan kegiatan sehari-hari lainnya.

Selain itu, dampak buruk insomnia bagi kesehatan lainnya yakni berat badan naik, stres, penurunan fungsi otak, dan melemahnya sistem imun.

Mengutip WebMD, beberapa penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung pun rentan dialami oleh orang-orang yang sulit tidur saat malam hari.

Titik Pijat Insomnia

Dilansir dari Health Match, meskipun penelitiannya masih sedikit, tapi pengobatan tradisional China (TCM) dengan metode pijat diyakini dapat membantu seseorang yang insomnia untuk tidur lelap.

Sebuah studi yang melibatkan 25 orang yang mengalami gangguan tidur, menunjukkan 60% merasakan perubahan kualitas tidur selama 10 hari perawatan.

Sekitar 14 pasien yang mengikuti studi tersebut mengidap kanker. Dari jumlah tersebut, 79% mengalami peningkatan kualitas tidur setelah perawatan akupresur.

Berikut adalah beberapa titik pijat di tubuh yang dapat membantu menangani insomnia berkepanjangan dan bisa tertidur lelap.

1. Titik Spirit Gate

Spirit gate digunakan untuk menggambarkan titik pijat yang ada di dekat lipatan pergelangan tangan bagian luar, tepat di bawah jari kelingking.

Baca Juga: Tak Perlu Ketergantungan Obat, Inilah 4 Titik Pijat untuk Menurunkan Darah Tinggi