Find Us On Social Media :

Cegah Kolesterol Sejak Dini dengan Lakukan Aktivitas Ringan Ini

Rutin berkebun dapat mencegah kolesterol tinggi.

GridHEALTH.id - Menangkal kolesterol tinggi dapat dilakukan dengan mudah, jika membiasakan melakukan aktivitas ringan ini.

Gaya hidup sehat memang merupakan kunci dan cara termudah untuk mencegah kolesterol.

Bahkan, seseorang dengan riwayat kondisi ini yang mengonsumsi obat tanpa dibarengi dengan gaya hidup sehat, hasilnya juga tidak akan maksimal.

Aktivitas untuk Mencegah Kolesterol

CDC Amerika Serikat mengingatkan, aktivitas fisik dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal dan pada akhirnya, akan mengurangi risiko kolesterol tinggi.

Bagi orang dewasa, disarankan untuk melakukan aktivitas fisik yang ringan selama 30 menit setiap harinya.

Sedangkan untuk anak-anak dan juga remaja, bisa melakukannya selama kurang lebih 1 jam per hari.

Jika ingin tubuh tetap sehat dan tidak khawatir dengan efek kolesterol tinggi yang berbahaya, biasakan diri untuk melakukan aktivitas ringan berikut ini.

1. Naik tangga

Jika ingin mempunyai kadar kolesterol yang baik, lebih direkomendasikan untuk menggunakan tangga dibandingkan lift atau elevator saat akan pergi ke lantai yang lebih tinggi.

Aktivitas fisik yang sederhana ini, dapat membantu meningkatkan kolesterol baik di dalam darah. Sehingga, akan menurunkan kolesterol jahat dan sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Jalan cepat

Aktivitas ringan yang mudah dilakukan untuk mencegah kolesterol berikutnya adalah jalan cepat.

Jalan cepat menurut American Heart Association, merupakan cara terbaik untuk menurunkan kolesterol dan ini bisa dilakukan oleh siapapun.

Baca Juga: 10 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan, Dapat Menurunkan Kolesterol