Find Us On Social Media :

Hasil Investigasi AS dan Sajikan Bukti, Virus Corona Hasil Kebocoran Laboratorium di Wuhan

Pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan kabel diplomatik tentang temuan investigasi bahwa virus corona berasal dari virus yang bocor dari laboratorium di Wuhan.

 

GridHEALTH.id - Sejak krisis terinfeksi virus corona disertai kematian pasien yang terus melonjak, dalam berbagai kesempatan Presiden AS Donald Trump selalu memperkuat tuduhannya soal asal mula virus corona atau Covid-19 yang kini menjadi pandemi global.

Trump kerap menunjuk hidung Cina sebagai negara asal mula virus corona yang sudah membunuh jutaan orang di seluruh dunia.

Tudingan semacam itu tidak jarang mengundang cibiran  dan ledekan publik, karena dilontarkan tanpa bukti yang disajikan. 

Seakan hendak membungkam semua cibiran miring tersebut, pada Sabtu (18/07/20), Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat merilis apa yang mereka sebut sebagai bukti bahwa virus corona berasal dari Cina. 

Pihak kementerian merilis dua kabel diplomatik tahun 2018. Kabel diplomatik pertama mencatat bahwa Institut Virologi Wuhan (WIV) yang terletak di Wuhan, Cina memiliki kekuarangan yang serius. Wuhan adalah kota di Cina di mana virus corona pertama kali mewabah awal tahun lalu. 

"(WIV memiliki) kekurangan serius dari teknisi dan penyelidik terlatih yang diperlukan untuk mengoperasikan laboratorium dengan pengamanan tinggi ini dengan aman," begitu kutipan kabel diplomatik tersebut. 

Disebutkan, para ilmuwan di laboratorium diizinkan mempelajari virus corona mirip SARS yang diisolasi dari kelelawar, tetapi dilarang mempelajari virus corona SARS yang menyebabkan penyakit manusia oleh pemerintah Cina.

Baca Juga: Ahli Epidemiologi Oxford: Virus Corona Akan Berakhir Seperti Virus Infleuenza

Baca Juga: 5 Jenis Penyakit Kanker Hilang dengan Bunga Kol, Ini Cara Mengolahnya

Isi kabel diplomatik yang pertama kali dipublikasikan oleh Washington Post itu juga mencatat bahwa hubungan antara WIV dan University of Texas Medical Branch di Galveston dapat membantu mengurangi kekurangan di WIV tersebut.