Find Us On Social Media :

Healthy Move, Penyandang Penyakit Paru Bisa Manfaatkan Olahraga Ini

Penderita gangguan paru dianjurkan terus berolahraga agar paru-parunya menjadi sehat.

GridHEALTH.id - Olahraga baik untuk kesehatan termasuk untuk orang dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), sekelompok kondisi paru-paru inflamasi yang menyebabkan kesulitan bernapas yang memburuk jika tidak diobati.

Namun banyak yang menghindari olahraga karena takut sesak napas.

Tetapi perlu diketahui, kesulitan bernapas mereka bukan hanya karena saluran udara mereka yang menyempit, tetapi juga karena kebugaran fisik yang buruk.

Maka itu sebaiknya mereka melakukan olahraga yang menguatkan jantung, paru-paru, dan otot pernapasan.

"Penting bagi Anda untuk terlebih dahulu mendapatkan instruksi individual dari para profesional," kata spesialis paru-paru Dr. Heinrich Worth, ketua Kelompok Kerja Olahraga Paru di Jerman, sebuah asosiasi orang dan lembaga yang mempromosikan terapi olahraga dan pelatihan fisik untuk pasien dengan gangguan pernapasan dan paru-paru. .

Pelatihan khusus ditujukan untuk meningkatkan koordinasi otot, ligamen dan sendi. Salah satu hal yang pasien praktikkan adalah menyesuaikan pernapasan mereka dengan aktivitas fisik mereka.

Baca Juga: Healthy Move, Sembuh dari Covid-19 Ini 5 Latihan yang Dapat Dilakukan di Rumah

Baca Juga: Inilah 7 Cara Terbaik Menjaga Lutut Agar Tetap Sehat dan Kuat

"Anda belajar bagaimana bernapas dengan benar ketika Anda menaiki tangga atau membawa beban, misalnya," kata Worth, menambahkan bahwa pelatihan ini juga bertujuan untuk menjaga kekuatan dan mobilitas tulang rusuk sehingga dapat batuk berdahak dengan lebih mudah.