Find Us On Social Media :

Healthy Move, Menderita Perlemakan Hati? 5 Latihan Kekuatan Ini Dapat Membantu Mengikis Lemak

Crunch, salah satu latihan kekuatan otot untuk mengikis perlemakan hati.

GridHEALTH.id - Latihan kekuatan biasanya dikaitkan dengan otot yang kuat, tulang dan fleksibilitas yang ditingkatkan. Semua itu membantu kita untuk hidup lebih baik seiring bertambahnya usia.

Namun, sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Endocrinology menunjukkan bahwa itu juga dapat membantu pasien dengan penyakit hati berlemak sambil memastikan regulasi glukosa yang berhasil.

Selama penelitian, para peneliti mencatat dampak latihan kekuatan pada tikus gemuk. Di akhir penelitian, ditemukan bahwa latihan kekuatan mengurangi timbunan lemak di hati mereka.

Dampak lainnya termasuk regulasi glukosa darah yang lebih baik dan penurunan tingkat penanda inflamasi terkait akumulasi lemak hati, regulasi glukosa darah serta penanda inflamasi.

Namun, tidak ada perubahan signifikan dalam berat badan mereka secara keseluruhan. Penulis penelitian juga menyebutkan bahwa jumlah waktu yang setara yang dihabiskan untuk latihan kekuatan oleh manusia tidak akan menyebabkan perubahan signifikan dalam komposisi lemak tubuh mereka.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Universitas Hafia, Israel, melibatkan lebih dari 80 pasien yang didiagnosis dengan penyakit hati berlemak enam bulan sebelum penelitian.

Pasien-pasien ini berada dalam kelompok usia 20 hingga 65 tahun. Mereka selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok: Satu kelompok diminta untuk melakukan latihan kekuatan, sedangkan kelompok kedua hanya diminta untuk melakukan latihan peregangan.

Selama penelitian, para peneliti mengamati berat badan dan tekanan darah para peserta dan melakukan tes darah secara berkala untuk memeriksa enzim hati, gula darah, dan kadar insulin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berlatih latihan kekuatan mengalami penurunan jumlah lemak hati. Pasien yang melakukan latihan kekuatan memiliki latihan yang disesuaikan dengan kemampuannya. Rejimen mereka termasuk latihan dada, kaki dan lengan.

Baca Juga: Healthy Move, V-Sit Ab Latihan Terbaik Mendapatkan Perut Rata Dalam Waktu Singkat

Baca Juga: Deretan Penyakit yang Diungkap Lewat Mata, Kanker Hingga Diabetes

Fatty liver atau perlemakan hati adalah ketika lemak menumpuk di hati dan mengganggu kemampuannya untuk bekerja secara normal, itu disebut penyakit hati berlemak.