Find Us On Social Media :

Healthy Move, Lari Mundur Benarkah Membakar Kalori Lebih Banyak? Ini Kata Pakar

Lari mundur bisa membakar kalori lebih banyak? Ini kata pakar.

GridHEALTH.id - Berlari telah lama dianggap sebagai salah satu latihan yang paling efisien, nyaman, dan bermanfaat. Tetapi beberapa mengklaim kita dapat membakar kalori lebih banyak dengan teknik baru, yaitu dengan berlari mundur.

Hashtag #runningbackwards telah mengumpulkan 1,2 juta penayangan di TikTok, dengan #reverserunning (112,4 ribu penayangan), #backwardrunning (102,1 ribu penayangan), dan #runbackwards (471 ribu penayangan) juga meningkat.

TikTokers, termasuk Antonio “LionOfGod” Gillespie (@prolongevityfitness, 30.3K followers), seorang pelatih kebugaran bersertifikat dan pendiri Prolongevity Fitness, meyakinkan netizen bahwa lari mundur memberikan lebih banyak manfaat.

“Lari mundur terjauh saya adalah delapan mil,” katanya di awal video dengan 258 ribu penayangan dan 47 ribu suka. Delapan mil adalah setara dengan 12, 87 km.

Dia melanjutkan dengan menjelaskan bahwa lari mundur membuat bekerja kelompok otot yang berlawanan, yang berarti paha depan dan tulang kering bekerja lebih keras . "Manfaat lainnya, basis yang lebih kuat dan lebih tahan pada kaki."

Gillespie juga mengatakan, lari mundur yang dilakukannya  membakar 2 hingga 3 kali kalori dibandingkan lari konvensional ke depan (delapan mil ke belakang sama dengan 16 hingga 24 kali ke depan, katanya), mengkondisikan jantung 2 hingga 3 kali lipat, memperkuat punggung dan inti 2 hingga 3 kali lebih banyak, meningkatkan kekuatan mental, dan juga meningkatkan efisiensi pernapasan.

Dalam video lain yang dibagikan oleh @nodaysoff dengan lebih dari 462 ribu penayangan, seorang pelari bahkan membawa konsep tersebut ke treadmill.

Influencer lain, termasuk @blondlocs dan @arthenixs juga berpendapat bahwa lari mundur yang mereka lakukan lebih banyak menuai keuntungan bagi mereka.

Apa Kata Para Ahli Tentang Apa Yang Disebut Manfaat Lari Mundur

Frankie Ruiz, pelatih lari lintas alam lama dan chief running officer dan salah satu pendiri Life Time Miami Marathon, menjelaskan,  lari mundur menawarkan manfaat yang sedikit berbeda dari lari biasa, terutama bagi mereka yang berlatih lari ke depan untuk waktu yang lama.

Sementara manfaat aerobik akan serupa, otot yang dipanggil untuk melakukan pekerjaan akan berbeda.

“[Itu] hanya karena Anda menggunakan otot kaki secara berbeda,” kata Ruiz.