Find Us On Social Media :

Studi: Tidur Siang Kurang dari 2 Jam Mampu Tingkatkan Kesehatan Otak

Tidur siang sekejap, kurang dari 2 jam, dapat meningkatkan kemampuan dan kesehatan otak.

GridHEALTH.id - Sebuah studi baru dari Pusat Kesehatan Mental Shanghai di provinsi Shanghai, China timur, menyarankan setiap orang hendaknya mengambil waktu sejenak untuk tidur siang demi mental yang lebih sehat.

Menurut penelitian tersebut, tidur siang kurang dari dua jam meningkatkan kesadaran lokasi, kefasihan verbal, dan memori kerja.

Sebagai bagian dari penelitian, yang dipimpin oleh Dr. Lin Sun dari Pusat Penyakit Alzheimer dan Gangguan Terkait di Pusat Kesehatan Mental Shanghai, 2.200 peserta berusia 60 tahun atau lebih, yang berasal dari tiga kota besar di Tiongkok, termasuk Shanghai, Beijing dan Xi'an, dipantau.

Sekitar 1.520 dari orang-orang ini tidur siang secara teratur, tidak lebih dari dua jam, sementara sisanya tetap terjaga.

"Perbedaan signifikan dalam fungsi kognitif dan lipid darah diamati antara kelompok yang tidur siang dan yang tidak," kata penelitian yang diterbitkan dalam jurnal General Psychiatry.

Para peneliti juga menemukan bahwa mereka yang tidur siang memiliki skor lebih tinggi daripada mereka yang tidak dalam tes terkait kemampuan mental yang melibatkan keterampilan visuospasial, rentang perhatian, pemecahan masalah dan khususnya di bidang memori kerja, kesadaran lokasi dan kefasihan verbal.

Baca Juga: Waspadai Gejala Alzheimer Bila Sering Tidur Siang Terlalu Lama

Baca Juga: 5 Tanda Asupan Karbohidrat Terlalu Rendah, Menurut Ahli Gizi

Ada teori berbeda tentang mengapa tidur siang meningkatkan fasilitas mental ini dan tim yang melakukan percobaan percaya bahwa hal itu membantu meredakan peradangan, yang menyebabkan gangguan tidur.