Find Us On Social Media :

Rekomendasi 4 Makanan Sehat Bagi Penyandang Gangguan Jantung Menurut Pakar Nutrisi

Diet DASH, makanan sehat bagi penderita jantung rekomendasi pakar nutrisi .

GridHEALTH.id  - Diet memainkan peran penting dalam kesehatan kardiovaskular, mempengaruhi segala sesuatu mulai dari tekanan darah hingga kemungkinan terkena penyakit jantung.

Untuk mengoptimalkan kesehatan jantung, American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk mempertahankan pola makan sehat yang menekankan pada berbagai buah dan sayuran, biji-bijian, produk susu rendah lemak, unggas dan ikan tanpa kulit, kacang-kacangan dan polong-polongan dan minyak nabati non-tropis. .

Selain itu, AHA menekankan untuk mengawasi ukuran porsi, minum alkohol secukupnya atau bahkan tidak minum sama sekali, dan memperbanyak makan ikan yang kaya asam lemak omega-3 (seperti salmon dan trout) setidaknya dua kali seminggu.Para pakar nutrisi setuju, secara umum, penelitian menunjukkan diet nabati yang sehat yang terdiri dari makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner.

Sedangkan diet yang terdiri dari makanan nabati yang kurang sehat seperti jus olahan,  tepung-tepungan, kentang goreng dan permen, memiliki peningkatan risiko penyakit jantung koroner.Untuk peringkat Best Diets of 2022 Forbes Health membentuk panel yang terdiri dari tujuh ahli nutrisi, yang menganalisis 19 diet di enam metrik, termasuk kesehatan jantung. Berikut adalah hasilnya, mulai yang terbaik

1. Diet MediteraniaKaya akan makanan yang terkait dengan kesehatan jantung seperti buah dan sayuran segar, kacang polong, biji-bijian, minyak zaitun extra virgin dan kacang-kacangan, diet Mediterania secara rutin dipuji karena memberikan banyak manfaat kardiovaskular yang menonjol.

Faktanya, satu penelitian menemukan mereka yang mengikuti diet Mediterania memiliki kemungkinan 50% hingga 70% lebih rendah untuk penyakit jantung berulang daripada mereka yang mengikuti diet yang mirip dengan diet American Heart Association Step 1, menggarisbawahi betapa ampuhnya diet ini untuk jantung. kesehatan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung berulang, dan menurunkan tingkat penyakit jantung koroner, stroke iskemik dan penyakit kardiovaskular total.

Makanan yang diutamakan adalah buah-buahan dan sayur-sayuran, biji-bijian utuh, kacang-kacangan dan polong-polongan. Juga asupan ikan dan minyak zaitun extra virgin.

2. Diet DASH

Baca Juga: Konsumsi 10 Makanan Lezat yang Jadi Penguat Kesehatan Jantung

Baca Juga: Apakah Kutil di Leher Dapat Menular? Cari Tahu Gejala dan Penyebabnya

Dibuat pada 1990-an, diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) dikembangkan secara khusus dengan mempertimbangkan kesehatan jantung.